Kanreg X BKN Fasilitasi SKD Politeknik Statistika STIS Badan Pusat Statistik

20190524_080702Peserta tampak serius mengerjakan soal ujian SKD

Denpasar. Berdasar Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/373/M.SM.01.00/2019 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi STIS Tahun Anggaran 2019, Politeknik Statistika STIS Badan Pusat Statistik menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang. Program Studi Statistika Program Diploma III sejumlah 150 mahasiswa, Program Studi Statistika Program Diploma IV 300 mahasiswa dan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV sebanyak 150 mahasiswa. Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Sementara lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon ASN golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS) /Kementerian /Lembaga /Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2019/2020 ikatan dinas dilakukan dalam 4 tahap, yaitu Tes Akademik (matematika) menggunakan sistem ujian berbasis komputer, tahap kedua Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Seleksi tahap ketiga yakni psikotest, dan terakhir tes kesehatan dan kebugaran.

Pelaksanaan SKD di Bali dilaksanakan di Kanreg X BKN Denpasar pada Jumat (24/05) di ruang CAT, dan diikuti sejumlah 15 peserta. Sama halnya seperti pelaksanaan tes CPNS, seluruh peserta harus mengerjakn 100 soal yang terdiri dari 3 materi yakni  TIU (Tes Intelegensi Umum), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) dalam waktu 90 menit. (IRN)