Peringati Hari Lahir Pancasila, Kepala BKN Ingatkan Fungsi ASN Sebagai Pemersatu dan Perekat Bangsa

Denpasar. Menjelang cuti bersama dalam rangka hari raya Idul fitri 1440 H, BKN Pusat dan seluruh Kanreg di seluruh Indonesia melaksanakan Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2019. Di Kanreg X BKN Denpasar salah satunya. Tak hanya sebagian pegawai Kanreg X BKN, upacara ini juga diikuti oleh pegawai dari BKN Pusat, Kanreg XI BKN Manado dan UPT BKN Mataram.

up.2

Dalam sambutan yang disampaikan Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto selaku Inspektur Upacara, Kepala BKN mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara untuk menjalankan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa. “Sebagai Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan fungsi perekat bangsa, kita wajib menjadi benang perajut keberagaman. Masing-masing dari kita harus menjadi simpul, menjadi pemersatu, menjadi contoh, agar bangsa Indonesia tetap kuat tetap rekat dalam keberagaman dengan berasaskan Pancasila,” tegasnya.

Ditambahkan pula, seluruh ASN wajib meresapi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam kehidupan bernegara. “Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, nilai-nilai Pancasila harus kita resapi dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam kehidupan bernegara,” tegasnya.

Bersamaan dengan Hari Ulang Tahun BKN pada 30 Mei kemarin yang menginjak usia 71 tahun, Kepala BKN juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pegawai atas dedikasi yang diberikan kepada instansi. Dalam kurun waktu 7 dasawarsa ini, BKN telah melalui banyak proses hingga sampai pada titik ini. Berbagai prestasi dan pencapaian yang telah diraih BKN diapresiasi oleh masyarakat, pemerintah bahkan dunia internasional. Namun demikian masih diperlukan integritas dan komitmen dalam melakukan inovasi, agar layanan kepegawaian kita semakin meningkat dan mampu bersaing dalam kancah internasional.

Dalam upacara ini, Kakanreg juga menyematkan Pin penghargaan Satyalancana Karya Satya sepuluh tahun kepada 11 pegawai Kanreg X BKN dan penyerahan SK Kenaikan Pangkat kepada 10 pegawai Kanreg X BKN. Sementara Kepala UPT BKN Mataram mendapat penghargaan Satyalancana Karya Satya sepuluh tahun sekaligus SK Kenaikan Pangkat. (IRN)