Kanreg X BKN Fasilitasi Ujian KP PI Pemkab.Gianyar

Denpasar. Selasa (10/09), Kanreg X BKN Denpasar memfasilitasi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (KP PI). Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualifikasi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam rangka meningkatkan kinerja dan kualitas Pegawai Negeri Sipil (PNS).

20190910_090936Seluruh peserta tampak tegang saat menjawab soal ujian PI di ruang CAT Kanreg X BKN

Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg X BKN Suparlan dalam arahannya mengungkapkan bahwa ujian Penyesuaian Ijazah ini merupakan salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat, yang merupakan penghargaan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah berkinerja dan meningkatkan prestasi kerja. Untuk efektivitas dan efisiensi pelaksanaannya serta agar ujian berjalan seobyektif mungkin, pelaksanaan Ujian Penyesuaian Ijazah bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar ini dilakukan dengan sistem Computer Assissted Test (CAT) Kanreg X BKN serta tes wawancara bagi peserta Penyesuaian Ijazah S1.

Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah diikuti sejumlah 76 pesertayang merupakan PNS dari sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab. Gianyar. 76 peserta tersebut terdiri dari 1 peserta dengan pendidikan terakhir S2, 53 peserta merupakan lulusan Sarjana, 1 peserta Diploma III, 19 peserta dengan pendidikan terakhir SMA, dan 2 Pesertapenyesuaian ijazah SMP.

Meski sebelumnya telah diberikan pengarahan melalui simulasi CAT, tetap saja masih ada peserta yang masih gugup menggunakan sistem CAT. Pada saat mengerjakan soal ujian, wajah peserta juga nampak tegang dan serius membaca soal ujian. (IRN)