Terdata 2,3 Juta Akun Terdaftar di Portal SSCN, Baru 10,6% Tuntaskan Hingga Submit

Jakarta-Humas BKN, Memasuki hari ke-5 pendaftaran seleksi CPNS, terdata 2,3 juta pelamar telah membuat akun dalam portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN), namun pada Sabtu (16/11/2019) baru 10,6% dari jumlah tersebut yang menuntaskan langkah pendaftaran hingga tahap submit. Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono dalam Siaran Pers Nomor: 088/RILIS/BKN/XI/2019 tanggal 16 November 2019. Kondisi tersebut diperkirakan terjadi karena banyak pelamar yang masih wait and see mencari informasi mengenai perkembangan pendaftaran.

web1

Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono.

Paryono menyampaikan bahwa BKN mengimbau para pelamar yang telah menentukan pilihan instansi dan formasi yang akan dilamar, khususnya yang telah membuat akun dalam portal SSCN, untuk segera menuntaskan tahapan pendaftaran hingga submit. “Hal ini perlu dilakukan agar pelamar tidak terjebak dalam situasi hectic yang menyebabkan pelamar sulit mengakses portal SSCN karena saling menunda-nunda penyelesaian tahapan pelamaran,” tutur Paryono.

Lebih lanjut, BKN juga mengimbau pelamar untuk hanya menginput data dan berkas yang sebenarnya dan disyaratkan instansi dalam field lamaran. Dikhawatirkan jika pelamar “main-main” dalam pengunggahan dokumen, pelamar kemudian lupa untuk mengganti dengan data yang sesungguhnya, sehingga data palsu/tidak benar yang justru tersimpan dalam database SSCN ataupun yang tercetak. Data Center SSCN merilis informasi mulai maraknya pemakaian NIP dan KK untuk pendaftar abal-abal alias tidak niat mendaftar terbukti dengan banyaknya unggahan foto dan dokumen yang tidak dipersyaratkan instansi. Pengunggahan foto atau dokumen yang tidak disyaratkan tersebut dapat menjadi pintu masuk instansi menyatakan bahwa pelamar yang bersangkutan tidak memenuhi syarat (TMS). “BKN juga mengingatkan pelamar agar berhati-hati menyebarluaskan NIK dan KK di internet, karena Tim Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN mendapati banyak sekali informasi NIK dan KK pelamar CPNS disebarluaskan di laman media sosial,” tambah Paryono.

Hingga saat ini, dalam portal SSCN telah terunggah informasi lowongan CPNS dari 507 instansi Pemerintah dari total 524 instansi yang membuka rekrutmen, sehingga sudah cukup banyak alternatif formasi jabatan yang dapat dipilih pelamar. kaw

https://www.bkn.go.id/berita/terdata-23-juta-akun-terdaftar-di-portal-sscn-baru-106-tuntaskan-hingga-submit