Diklat Pelayanan Prima Kanreg X BKN : The Spirit Of Service Excellent

Denpasar. “Ada banyak  hal penting dalam melakukan pelayanan di sebuah instansi. Tak hanya senyum dan sapa ramah, tetapi juga harus mengenal bagaimana harus melayani customer atau stakeholder dengan mengetahui bagaimana karakternya. “ Hal tersebut diungkapkan Ketut Wiratama SS, MNLP, CI, DCI, CEI seorang Profesional Trainer & Inner Motivation Coach yang hadir sebagai narasumber dalam Diklat Pelayanan Prima bertema The Spirit Of Service Excellent yang digelar Kamis (14/02) bertempat di aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN.

ZI5

Ketut Wiratama saat membagi ilmu seputar The Spirit Of Service Excellent

Menurut Ketut Wiratama, ada 3 macam karakter costumer, yakni Visual, Audio dan Kinestetik. “Orang visual biasanya akan mengatakan sering melihat misalnya melihat di televisi atau media cetak. Sementara orang audio lebih ke suara misalnya mendengar melalui radio dan orang kinestetik lebih menggunakan perasaan seperti mengatakan dengan menambahkan sejujurnya atau seharusnya.” Dengan mengetahui karakter tersebut, maka costumer service dapat menyamakan bahasa dengan costumer.

Lebih lanjut, Wiratama mengungkapkan dalam memberikan pelayanan, seorang costumer service harus mampu memberikan kesan pertama yang terbaik. Hal ini dapat dilakukan melalui Self Management, bagaimana mengolah Emotional, Feelings Dan Thinking. Tak hanya itu, perlu juga mengolah mental untuk membentuk pola budaya kerja dalam menjalankan pekerjaan serta komitmen yang kuat untuk melakukan pengembangan diri.

Menutup pelatihan, Wiratama memberikan penjelasan tentang apa itu service. Menurutnya service merupakan sebuah singkatan, yang terdiri dari S adalah self awareness (percaya dengan kemampuan dirinya sendiri), E adalah enthusiasm yakni antusias melakukan perubahan untuk lebih bersemangat, R adalah Reform menciptakan hal baik di lingkungan kerja, V adalah values, I merupakan impressive , C yakni care, yang artinya peduli dgn diri sendiri sebelum kepada org lain, dan terakhir E evaluation. (IRN)