Tingkatkan Pelayanan Kepegawaian, Kanreg X BKN lakukan Percepatan Digitalisasi Pelayananan Kepegawaian

PicsArt_01-21-10.52.10

FGD Pembahasan Percepatan Pelayanan Kepegawaian

Denpasar. Instansi pemerintah kini semakin dituntut untuk memberikan pelayanan lebih cepat dan efisien kepada masyarakat. Terlebih di masa pandemi, pemanfaatan Teknologi Digital pun dapat dimanfaatkan guna meningkatkan pelayanan publik. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono Harjono menegaskan kepada seluruh Pranata Komputer di lingkungan Kanreg X BKN untuk berbenah dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital sehingga pelayanan kepegawaian dapat lebih efektif dan efisien. Hal tersebut disampaikan saat memberikan arahan dalam Focus Group Discussion (FGD) Percepatan Digitalisasi Pelayanan pada Kamis (21/01) bertempat di Ruang Arjuna. FGD juga dihadiri Kepala Bagian TU I Ketut Buana, Kepala Sub Bagian Kepegawaian Ade Judi Basma Hantana, Kepala Sub Bagian Umum I Made Teguh Wicaksana, serta Pejabat Fungsional Pranata Komputer.

PicsArt_01-21-10.07.34

Kepala Kantor Regional X BKN saat memberikan sambutan

Lebih lanjut disampaikan saat ini Kanreg X BKN telah optimal dalam memberikan pelayanan kepegawaian kepada stakeholder, khususnya dari Bidang Mutasi dan Pensiun. Namun saat ini belum didukung dengan pemanfaatan teknologi yang lebih efektif dan efisien. Kepala Kanreg X BKN berharap seluruh peserta FGD yang sebagian besar merupakan kaum milineal, dapat menyampaikan gagasan atau ide terkait pemanfaatan teknologi dalam pelayanan kepegawaian. Tak hanya membahas aplikasi dalam pelayanan kepegawaian, ke depan juga diharapkan Kanreg X BKN memiliki data statistik PNS di wilayah kerjanya. Selain itu ditambahkan, Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) juga perlu dibenahi mengingat belum ada aplikasi kepegawaian yang dapat membantu stakeholder dalam mengecek proses berkas kepegawaian.

Menanggapi hal tersebut, Kasubbag.Kepegawaian Ade Judi Basma Hantana dan Rama Beta Herdian selaku Pranata Komputer Muda mengungkapkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan kepegawaian telah diterapkan di lingkungan Kanreg X BKN hingga saat ini. Aplikasi layanan kepegawaian yang sudah diterapkan diantaranya X–Apple yang telah dibangun pada Tahun 2019 dan kini sudah diimplementasikan di Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian serta Bidang Pengangkatan dan Pensiun. Namun perlu dievaluasi lebih lanjut terkait implementasinya, sehingga dapat dikelola ulang atau upgrade serta penghapusan aplikasi yang sudah tidak dipergunakan. Sementara Rama Beta mengungkapkan sejumlah kendala yang dihadapi, diantaranya penyimpanan atau storage, serta jaringan internet. Selain itu, Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg X BKN saat ini tengah menggarap aplikasi Wiki ASN, yang ke depannya diharapkan dapat menjadi salah satu aplikasi unggulan di Kanreg X BKN. (Team)

PicsArt_01-21-10.10.45

Rama Beta Herdian saat memaparkan sejumlah aplikasi Layanan Kepegawaian yang dikelola Kanreg X BKN