Kanreg X BKN Lakukan Monitoring dan Evaluasi Capaian Kinerja Semester II Tahun 2020

 1

Kepala Kanreg X BKN saat memberikan arahan

Denpasar. Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono Harjono menekankan laporan monitoring dan pencapaian dari masing-masing bidang/bagian sebagai bahan penyusunan laporan kinerja Kanreg X BKN harus dirampungkan pada awal Januari tiap tahunnya. Selain itu, penyerapan anggaran juga seharusnya mulai dilakukan di awal semester tiap tahunnya. “Menjadi evaluasi bagi kita bersama, agar tidak terjadi penyerapan anggaran yang menumpuk di akhir tahun, diharapkan masing-masing bidang dapat mematangkan kembali rencana kerja yang akan dilakukan untuk semester berikutnya,” tegasnya. Melalui kegiatan  Monitoring dan Evaluasi ini, diharapkan permasalahan pada pelayanan kepegawaian dapat dibahas secara bersama untuk mendapatkan penyelesaian, dan juga kegiatan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan agenda Reformasi Birokrasi Kanreg X BKN.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kanreg X BKN dalam Monitoring dan Evaluasi Semester II Tahun 2020 pada Selasa Pagi (26/01) bertempat di Ruang Arjuna, yang dihadiri Pejabat Administrator dan PIC Pengukuran dan Pelaporan Kinerja masing-masing Bagian/Bidang di lingkungan Kanreg X BKN. Dalam kegiatan ini seluruh Bagian/ Bidang di lingkungan Kanreg X BKN menyampaikan pemaparan capaian kinerja pada semester II Tahun 2020 serta berbagai kendala yang dialami hingga akhir Tahun 2020.

Mengawali kegiatan evaluasi, Bidang Pengangkatan dan Pensiun memaparkan proses penetapan NIP CPNS Formasi Tahun 2019 mencapai 8.420 Pertek dan terhitung per tanggal 25 Januari 2021 NI PPPK Tahun 2019 yang telah disetujui sejumlah 2.930, sementara yang masih dalam proses sejumlah 516. Proses penetapan NI PPPK ditargetkan akan rampung pada akhir Januari 2021.

2

Pemaparan Capaian Kinerja Bagian/Bidang di Lingkungan Kanreg X BKN menjadi agenda utama dalam kegiatan ini

Sementara disampaikan Aryanto selaku Kepala Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian, dalam satu tahun Bidang Mutasi telah menerbitkan Nota Persetujuan Kenaikan Pangkat sejumlah 41.619. Selain itu, sebagai evaluasi Aryanto juga mengatakan pemanfaatan aplikasi X apple serta jaringan internet terkait pelayanan kepegawaian masih mengalami sejumlah kendala. Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanreg X BKN berharap bidang terkait dapat segera melakukan perbaikan, sehingga pelayanan kepegawaian pun dapat menjadi lebih cepat dan efisien.

Dalam paparannya, Bidang INKA yang diwakilkan Jefry Christianto mengatakan 83 persen layanan kepegawaian Kanreg X BKN sudah dilakukan secara digital dan seluruh Instansi di wilayah Kanreg X BKN sudah menggunakan SAPK sebagai Sistem Informasi Terstandar Kepegawaian. Selain itu,  Bidang INKA telah melakukan update data statistik ASN per propinsi di wilayah kerja Kanreg X BKN. Sementara Bidang PDSK memaparkan pengukuran IP ASN telah dilakukan 44 provinsi dan kab/kota di wilayah kerja Kanreg X BKN.

Kepala Bagian Tata Usaha I Ketut Buana dalam laporannya menyampaikan penyerapan anggaran di Tahun 2020 mencapai 98,31 persen. IKP Layanan Internal pada semester II Tahun 2020 mencapai 82,99. (Team)