Kanreg X BKN Pelopori Pelaksanaan Feedback Hasil Penilaian Kompetensi

PicsArt_02-09-11.05.04

Menyadari pentingnya peningkatan kualitas SDM berbasis kompetensi dan adanya keinginan Sebagian besar pegawai untuk mengetahui hasil penilaian kompetensi yang sudah mereka ikuti, Kantor Regional X BKN Denpasar menggelar feedback hasil penilaian kompetensi pegawai pada Selasa (09/02) secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Sebagaimana dilaporkan oleh Ketut Buana selaku Kepala Bagian Tata Usaha, hal tersebut dilakukan guna mengembangkan kualitas SDM di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar berbasis kompetensi sekaligus salah satu unsur krusial dalam mendongkrak nilai Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI) Kanreg X BKN. Kegiatan feedback ini menindaklanjuti hasil pemetaan jabatan yang telah dilakukan pada tahun 2019 dan 2020 lalu. Tak hanya dihadiri Kakanreg X BKN Paulus Dwi Laksono Harjono, kegiatan ini juga dihadiri Dian Adriani selaku Biro SDM BKN, Pejabat Administrator serta seluruh pegawai di lingkungan Kanreg X BKN.

Dalam arahannya, Paulus Dwi Laksono mengapresiasi kinerja Kanreg X BKN yang khususnya Bagian Tata Usaha yang telah berkoordinasi dengan Biro SDM dalam menindaklanjuti hasil penilaian kompetensi dengan mengadakan kegiatan penyampaian hasil penilaian kompetensi/feedback kepada 72 orang pegawai Kanreg X BKN. Hasil Pemetaan tersebut diharapkan dapat menjadi refleksi sehingga dapat menutupi kekurangan dengan kelebihan yang dimiliki. Dengan mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki diharapkan dapat pula meningkatkan kinerja serta sebagai bahan perbaikan bagi diri masing-masing individu dan Kanreg X BKN secara khusus serta peningkatan pelayanan kepegawaian secara umum.

PicsArt_02-09-03.41.13 (1)

Perwakilan Biro SDM, Dian Adriani menyatakan kegiatan feedback hasil penilaian kompetensi pegawai ini sangat membantu Biro SDM dalam pengembangan SDM di lingkungan BKN pada umumnya dan Kanreg X BKN pada khusunya. Hasil assessment yang disampaikan kepada masing-masing pegawai, diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui kelebihan potensi yang sudah dimiliki sehingga lebih optimal dalam meningkatkan kinerja sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Biro SDM mengapresiasi langkah Kanreg X BKN Denpasar yang telah mempelopori pelaksanaan feedback ini seraya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pegawai dan juga bagi kemajuan Kantor Regional X BKN Denpasar.

Rangkaian kegiatan feedback hasil penilaian kompetensi ini dilaksanakan selama 3 hari, Selasa (9/2) hingga Kamis (11/2), dimana teknis pelaksanaannya melibatkan 5 Assesor dan 72 pegawai Kanreg X BKN. Kelima pegawai yang memebrikan feedback tersebut adalah I Ketut Buana, Ni Made Purnami Astari, Ni Komang Ety Hertiani, Benhard Okta Sabathian dan Adi Wahyu Wicaksono. Sebelumnya kelima pegawai ini telah mengikuti pelatihan singkat tentang tata cara pelaksanaan feedback. Dalam satu hari, kelima assessor tersebut akan mewawancarai maksimal 5 Pegawai Negeri Sipil dengan durasi 1 jam tiap pegawai. Output dari kegiatan ini adalah rencana aksi dari masing-masing pegawai untuk pengembangan dan peningkatan kompetensi yang bersangkutan. Sementara bagi Kantor Regional X BKN Denpasar hasil penilaian kompetensi ini akan diolah sebagai bahan Training Need Analysis (TNA) dan bahan penyusunan profile pegawai. Sehingga program pengembangan dan pelatihan lebih tepat sasaran dan berbasis kompetensi.

PicsArt_02-09-11.01.57