Pemantapan Rencana Kerja Tim Reformasi Birokrasi Kanreg X BKN, Kakanreg Tegaskan Pentingnya Kolaborasi

1

Kepala Kanreg X BKN (kiri) saat memberikan arahan

 Denpasar. Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM Tahun 2021 di Kantor Regional X BKN Denpasar, Tim Reformasi Birokasi mengadakan Rapat Koordinasi Pemantapan Rencana Kerja dan Tindak Lanjut Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas bertempat di Aula A.E. Manihuruk Kantor Regional X BKN pada Rabu (17/2). Kegiatan dibuka oleh Paulus Dwi Laksono Harjono selaku Kepala Kanreg X BKN dan dipimpin oleh Ketut Buana selaku Ketua Tim RB.

Mengawali kegiatan, Ketut Buana memaparkan susunan keanggotaan Tim Reformasi Birokrasi yang terdiri dari 4 Tim yaitu Tim Pengarah, Tim Pelaksana, Tim Assessor serta 8 Kelompok Kerja (Pokja) Area Perubahan Reformasi Birokrasi. Dijelaskan pula fungsi dan tugas masing-masing pokja serta Rencana Aksi dan Tindak Lanjut yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Termasuk pembagian tugas koordinasi tim pengarah dengan pokja-pokja terkait. Ketua tim RB juga menegaskan bahwa nilai budaya kerja dapat dimplementasikan dalam pelaksanaan tugas tim. “Integritas adalah fondasi utama, sementara adaptasi, inovasi dan kolaborasi adalah strategi yang harus kita lakukan dalam pelaksanaan penugasan, dan memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada stakeholder adalah tugas utama kita sebagai pelayan publik” ungkap Buana.

2

seluruh peserta terlihat serius mengikuti kegiatan 

Dalam pengarahan pembukaan Kakanreg menegaskan kedudukan seluruh pegawai yang tergabung dalam Tim Reformasi Birokrasi adalah sama. Oleh karena itu kolaborasi tim dengan kerjasama dan komitmen bersama menjadi hal penting dalam membangun Reformasi dan Birokrasi serta Zona Integritas di lingkungan Kanreg X BKN. “Diperlukan tim yang solid dan saling mendukung dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan mewujudkan pembangunan Zona Integritas, Semua Pokja harus bahu-mebahu dalam mempersiapkan data yang berupa dokumen bukti dukung dan yang tidak kalah pentingnya mewujudkannya dalam perilaku sehari-hari, sehingga saat memasuki fase penilaian semua telah siap, sehingga pelaksanaan reformasi Birokrasi dan pembangunan Zona Integritas di Kanreg X BKN dapat mencapai target yang telah ditetapkan” ungkapnya.

Pada sesi Brain Storming masing-masing pokja menyampaikan rencana kerjanya dan bertukar pengalaman serta mengajukan saran-saran perbaikan untuk kesuksesan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kantor Regional X BKN Denpasar. Kegitan ini  cukup efektif untuk melahirkan gagasan-gagasan cemerlang diantaranya rencana mewujudkan X Virtual Office yang terintegrasi, kemudian memanfaatkan Cloud sebagai media penyimpanan dokumen supaya dapat diakses dengan lebih mudah, digitalisasi pelayanan kepegawaian, pengembangan pegawai berbasis kompetensi, pembuatan pedoman perilaku sebagai tindak lanjut peluncuran Budaya Kerja, revitalisasi fungsi WBS untuk mengawal integritas melalui penguatan pengawasan dan launching public campaign dengan tagar #30hariceritaintegritaswbk dan banyak kegiatan inovatif lainnya.

3

Tim RB Kanreg X BKN mencurahkan gagasan

Tim Reformasi Birokras merasakan dukungan dan komitmen sungguh-sungguh pimpinan yang dibuktikan dengan kehadiran Kepala kantor Regional X BKN dari awal acara sampai akhir acara. Kakanreg dengan seksama menyimak setiap usulan dan saran yang disampaikan oleh semua pokja, pengarah dan juga sekretaris tim. Menutup acara, Kakanreg Kembali menekankan pentingnya integritas dan kolaborasi demi kesuksesan tim RB. “Saya akan berikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkreasi dan mengaktualisasikan diri kepada semua pegawai sepanjang ditujukan untuk kemajuan Kantor Regional X BKN Denpasar yang Profesional, Unggul dan Bermartabat” pungkas Kakanreg saat pengarahan penutupan. (Ari)