Pendekatan Pelayanan Kepegawaian Kantor Regional X BKN 2021 Sinergi Membangun Negeri

 

WhatsApp Image 2021-03-25 at 3.05.29 PM

Oemalasi, NTT. Sinergi menjadi kata kunci dalam pembangunan sumber daya manusia khusunya Aparatur Sipil Negara. Untuk itu diperlukan sinergitas yang kuat antara BKN dengan para pengelola kepegawaian di Instansi termasuk di daerah dalam implementasi manajemen ASN. Selain itu menghasilkan kinerja yang optimal, seorang ASN sebagai pelayan publik harus memiliki passion melayani, bekerja sepenuh hati dan berhati-hati. Dengan cara demikian maka bukan hanya menghasilkan kinerja yang baik, sebagai pelayan publik ASN juga akan menjadi semakin baik karena terdapat proses pembelajaran didalamnya untuk terus berupaya meningkatkan kinerja. Demikian arahan Kepala Badan Kepegawaian Negara saat membuka kegiatan Pendekatan Pelayanan Kepegawaian (P2K) Kantor Regional X BKN Denpasar di wilayah Nusa Tenggara Timur yang berlangsung di Kantor Bupati Kupang. Kegiatan P2K kali ini berlangsung secara serentak di lima Kabupaten Wilayah Nusa Tenggara Timur yaitu Kabupaen Kupang, Belu, Manggarai Timur, Timor Tengah Selatan dan Rote Ndao.

Kepala BKN dalam arahannya lebih lanjut menyampaikan kegiatan P2K ini merupakan salah satu bentuk komitmen pelayanan Badan Kepegawaian Negara untuk hadir lebih dekat dalam memberikan pelayanan di daerah. Selain P2K, masih menurut Kepala BKN dalam waktu dekat akan dibentuk Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai BKN di Kupang. Kehadiran unit ini nantinya diharapkan dapat memberikan pendekatan pelayanan terutama dalam penyelenggaraan seleksi ASN dan juga penilaian kompetensi.

Sementara itu Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Paulus Dwi Laksono dalam laporannya mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan Pendekatan Pelayanan Kepegawaian (P2K) dilatarbelakangi oleh terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2020, dari 62 daerah yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden ini, 14 daerah berlokasi di Wilayah Kerja Kantor Regional X BKN Denpasar dengan rincian satu daerah di wilayah Provinsi NTB dan 13 daerah di wilayah provinsi NTT. Terkait dengan hal tersebut, BKN melalui Kantor Regional X BKN Denpasar berkomitmen untuk hadir secara langsung dan memberikan pelayanan sesuai dengan peran pembinaan, penyelenggaran dan pengawasan manajemen ASN termasuk di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan Pendekatan Pelayanan Kepegawaian (P2K) di wilayah Provinsi NTT diselenggarakan pada 25-26 Maret 2020. Pelaksanaan P2K tahun ini fokus pada enam topik sosialisasi dan asistensi terkait dengan; peraturan terbaru manajemen PNS, mutasi PNS, pemberhentian PNS, pemutakhiran data kepegawaian, penilaian kinerja, serta implementasi sistem merit, yang disampaikan secara kolaboratif oleh tim pelaksana dari lintas bidang di Kantor Regional X BKN, serta sosialisasi JKK & JKM yang akan disampaikan oleh Taspen Kupang dan Ende. Acara ini juga dirangkaikan dengan Focus Group Discussion (FGD) dimana para peserta dapat secara langsung mencurahkan gagasan, aspirasi, serta pertanyaan, sehingga diharapkan dalam forum tersebut tim pelaksana P2K dan peserta dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam menuntaskan permasalahan kepegawaian.  Selain itu dalam kegiatan ini juga diserahkan Pertimbangan Teknis Kenaikan Pangkat dan Pensiun.

Kegiatan ini masih menurut Paulus, pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan satu daerah sasaran, maka tahun ini Kantor Regional X BKN melakukan penambahan jumlah daerah sasaran menjadi 5 lokus yang dilakukan secara serentak. Dalam situasi pandemi yang masih melanda beberapa daerah di Indonesia, BKN berkomitmen untuk tetap hadir dan melayani. Untuk mencegah potensi penularan virus Corona, pelaksanaan P2K disesuaikan dengan protocol kesehatan di daerah masing-masing, dan mengkombinasikan kegiatan secara daring dan luring.

Paulus berharap pengelola kepegawaian semakin meningkat kompetensinya dalam pengelolaan kepegawaian sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria yang berlaku. “Mari bersama-sama kita buktikan, bahwa ASN dalam situasi normal baru sekarang semakin inovatif, produktif dan dapat memberikan kontribusi optimal bagi negeri” ungkapnya dalam laporan penyelenggaraan kegiatan.

Sementara itu Asisten I Sekda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Benyamin Lola yang membacakan sambutan Sekretaris Daerah mewakili Pemerintah Nusa Tenggara Timur menyambut baik kegiatan ini seraya berharap dapat terus berlanjut di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur pada tahun-tahun berikutnya. Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur adanya pendekatan pelayanan sangat bermanfaat bagi daerah sehingga menjadi wahana untuk mengupdate peraturan terbaru dan membantu percepatan pelayanan kepegawaian terutama di wilayah Nusa Tenggara Timur (tim Humas dps).

Setelah membuka kegiatan P2K di Kabupaten Kupang, selanjutnya Kepala BKN dan Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar menuju Kabupaten Rote Ndao, salah satu wilayah paling selatan Indonesia untuk meninjau pelaksanaan kegiatan P2K. Di Rote, Kepala BKN disambut langsung oleh Bupati Rote Ndao beserta Forkominda. (Team)