Atasi Pola Karir “Asal Jalan”, Direktorat Jabatan ASN gelar Bimtek Penyusunan Rencana Pengembangan Karier PNS

Denpasar. Guna mempersiapkan diri dalam meniti karier sesuai dengan kualifikasi, kompetensi serta kinerja, perlu disusun rencana pengembangan pola karier PNS. Untuk memahami bagaimana penyusunan perencanaan pola karier tersebut, bekerjasama dengan Kanreg X BKN, Direktorat Jabatan Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara mengajak seluruh Pejabat Pengelola Kepegawaian di BKD/ BKPSDM/BKPP se-wilayah kerja Kantor Regional X BKN mengikuti Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Pengembangan Karier PNS pada Kamis pagi (14/07). Kegiatan yang digelar di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN ini dihadiri Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN, Haryomo Dwi Putranto, Direktur Jabatan ASN Sri Gantini, Kepala Kanreg XBKN Paulus Dwi Laksono serta Pejabat Administrator di lingkungan Kanreg X BKN.

WhatsApp Image 2022-07-14 at 10.21.08 PM

Dalam sambutannya, Kepala Kanreg X BKN mengatakan sebagian besar PNS masih belum dapat menentukan kariernya dalam dua sampai lima tahun ke depan. Karena pola karir yang “asal jalan” atau memang instansi belum memiliki rencana pengembangan karier PNS yang memadai. Untuk itu, kegiatan yang digelar Direktorat Jabatan ASN dapat bermanfaat dalam menyusun rencana pengembangan karier PNS yang berpedoman pada Peraturan BKN Nomor 28 Tahun 2020. Dengan adanya rencana pengembangan karier ini kita berharap tidak ada lagi keraguan dalam melakukan promosi, mutasi dan penempatan pegawai/pejabat.

WhatsApp Image 2022-07-14 at 10.21.09 PM

Sementara lebih lanjut dijelaskan Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN tak hanya mempersiapkan dokumen, tetapi perlu juga menyiapkan hal lain sebagai persiapan dalam mencapai karir yang diinginkan. Hal pertama yang perlu disiapkan yakni mengukur dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki, kedua kualifikasi jabatan yang diinginkan, ketiga kinerja pegawai yang dapat memenuhi ekspetasi pimpinan dalam mencapai tujuan organisasi, dan terakhir moralitas dan integritas. Dengan demikian diharapkan pola karir tersebut dapat berpengaruh terhadap proses bisnis oragnisasi lebih fleksibel dan lincah.

Di akhir rangkaian pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Pengembangan Karier PNS, digelar launching aplikasi X Virtual office oleh Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN didampingi Direktur Jabatan ASN Sri Gantini, serta Kepala Kanreg XBKN Paulus Dwi Laksono. X Virtual Office ini digagas oleh salah satu agen perubahan A.A. Diah Acintya berkolaborasi dengan Team Pranata Komputer Bidang INKA Kanreg X BKN. Inovasi ini dibangun guna meningkatkan  pelayanan bagi pegawai internal maupun stakeholder sehingga dapat lebih efektif dan efisien.. Kemudian dilanjutkan penandatanganan komitmen bersama dalam mengendalikan gratifikasi oleh Kepala Kanreg X BKN, Pejabat Administrator, serta  BKD/ BKPSDM/BKPP se-wilayah kerja Kantor Regional X BKN sebagai komitmen dalam mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Kanreg X BKN.

  WhatsApp Image 2022-07-14 at 10.21.07 PM WhatsApp Image 2022-07-14 at 10.21.06 PM