Beragam Pakaian Adat Nusantara Warnai Upacara Bendera Peringati 77 Tahun Kemerdekaan RI

Denpasar. Untuk pertama kalinya, selama pandemi covid 19, Kanreg X BKN kembali menggelar upacara bendera di luar ruangan, tepatnya di lapangan voli Kanreg X BKN, pada Rabu pagi (17/08). Upacara memperingati 77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono, yang dengan mengenakan baju adat Bali. Tak hanya inspektur upacara, seluruh peserta juga terlihat berbeda dengan warna-warni pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar peserta terlihat mengenakan baju adat dari daerah Bali, ada pula yang mengenakan pakaian adat NTT dan NTB yang terbuat dari kain tenun dengan motif khas daerah masing-masing. Tak hanya itu, terlihat pula yang mengenakan pakaian adat dari Kalimantan lengkap dengan mahkota, serta hiasan di tangan dan kakinya, pakaian adat dari Jawa serta Sumatra.

51

Dalam kesempatan ini, Kepala Kanreg X BKN menyampaikan sambutan Plt.Kepala BKN yang salah satunya menegaskan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara untuk meningkatkan jiwa patriotisme, dengan menggugah semangat dan kemauan bekerja lebih keras dalam menjalankan setiap tugas dan fungsi ASN sebagi pelayan publik. Semboyan “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” menuntun kita untuk terus memiliki semangat pantang menyerah, tangguh dan terus maju bersama melawan tantangan yang akan datang di masa depan. Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia Maju. Selain itu, juga implementasi Digital Governance secara masif sebagai basis pelayanan birokrasi. “Kemunculan disrupsi yang ditandai dengan menguatnya Artificial Intelligence (AI)/ kecerdasan buatan, penggunaan Big Data serta berubahnya sistem manual menjadi sistem komputer dan online terutama dalam segi pelayanan publik merupakan tantangan yang perlu diantisipasi dan dihadapi.”

Lebih lanjut juga disampaikan, Pegawai BKN dapat semakin berkontribusi di era disrupsi ini dengan cara mengubah cara pandang terhadap masalah, responsif dengan kebutuhan masyarakat, upgrade dengan teknologi saat bekerja, dan orientasi dalam efektivitas dan efisiensi untuk menuju pada budaya kerja baru. Selain itu, terus berinovasi serta perlu adanya kompetensi, komitmen dan kekompakan dalam fungsinya yakni sebagai pelaksana kebijakan dan pelayanan publik.

7 6

Usai upacara bendera, Kepala Kanreg X BKN memberikan hadiah bagi sepuluh peserta upacara dengan baju adat terbaik. Selanjutnya beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan didampingi Pejabat Administrator melakukan potong tumpeng untuk memeriahkan peringatan 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.