Direktorat PPSI ASN BKN dan Kanreg X BKN berkolaborasi dengan Pemkab. Manggarai Barat Gelar Sosialisasi Manajemen ASN

4

Manggarai Barat, NTT. Bertempat di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Direktorat Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi  (PPSI) ASN BKN dan Kanreg X BKN, bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui BKPSDMD Kabupaten Manggarai Barat, menggelar Sosialisasi Manajemen ASN pada Senin (31/10) yang secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng, M.Kes. Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono, Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian (PDSK) B.Maptuhah Rahmi, Tim Sosialisasi Manajemen ASN dari PPSI ASN BKN dan Kanreg X BKN serta seluruh ASN dan Pengelola Kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

 3

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Manggarai Barat menyampaikan manajemen ASN berbasis teknologi informasi harus sudah diimplementasikan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Tak hanya pada proses bisnis manajemen kepegawaian, tetapi juga pelayanan kepegawaian guna menuju ASN berkelas Dunia. Selain itu, Yulianus Weng juga menegaskan pentingnya kerja kolaboratif sebagai kunci dalam mewujudkan manajemen ASN yang berkualitas internasional.

Sementara itu Kepala Kanreg X BKN menyampaikan birokrasi pemerintahan dituntut terus berbenah di era revolusi industri 4.0. Dalam roadmap Reformasi Birokrasi juga telah ditargetkan terwujudnya World Class Government atau pemerintahan berkelas dunia pada tahun 2025. Kepegawaian menjadi fokus prioritas Reformasi Birokrasi selaku instansi pengelola kepegawaian saat ini dan ke depan dalam mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang Profesional dan Berdaya Saing Global.

sos manaj asn -mabar 3110 (1)

Ditambahkan, seluruh proses bisnis manajemen ASN pun harus berubah ke arah digital, agile dan lincah. Hal tersebut merupakan perwujudan transformasi digital dan wajib diimplementasikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, yang juga sebagai salah satu daerah tujuan wisata bertaraf insternasional. Dukungan Teknologi Informasi dalam penerapan kebijakan pengelolaan SDM Aparatur menjadi suatu keniscayaan agar pengelolaan menjadi lebih efektif, efisien dan akuntabel.

Sosialisasi Manajemen ASN ini diselenggarakan sebagai sarana dalam memberikan pemahaman ASN di lingkungan Pemerintah Manggarai Barat tentang sistem kerja, penyederhanaan birokrasi, pengelolaan kinerja ASN, Indeks Profesionalitas  ASN serta pengenalan aplikasi Simpegnas dan aplikasi e-kinerja.

-rbh-