Semangat Kolaboratif Kanreg X BKN bersama Instansi Daerah dan Vertikal se-Wilayah Kerja Dalam Mewujudkan Satu Data ASN

2

Kantor Regional X BKN menggelar Rapat Koordinasi Permasalahan Kepegawaian se-wilayah kerja dengan tema “Bergerak Bersama Mewujudkan Satu Data ASN untuk Peningkatan Kualitas Layanan Kepegawaian” pada Kamis (17/10). Berlangsung secara luring, rapat Koordinasi ini dihadiri Deputi SINKA BKN Suharmen, Direktur PDPIK BKN Wahyu, Kepala Kantor Regional X BKN Paulus Dwi Laksono, serta Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional terkait di lingkungan Kantor Regional X BKN bertempat di Ruang Rapat Arjuna Kanreg X BKN. Sementara secara daring, diikuti BKD/BKPP/BKPSDM Instansi Pemerintah Daerah serta Instansi Vertikal se-wilayah Kerja Kanreg X BKN melalui aplikasi Zoom Meeting. dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kepala Kantor Regional X BKN dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat koordinasi permasalahan kepegawaian ini dilatarbelakangi tugas prioritas yang sedang dihadapi bersama terkait dengan penyelesaian anomali data serta Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) ASN. Untuk mewujudkan transformasi layanan kepegawaian berbasis digital dan menjalankan amanat satu data Indonesia, BKN telah meluncurkan tiga pilar sistem informasi terintegrasi yang meliputi MySAPK, Simpegnas dan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN). Untuk mewujudkan satu data tersebut, telah dilaksanakan Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) bagi ASN dan hingga saat ini juga sedang diintegrasikan dalam tahapan verifikasi data PDM tersebut. Diharapkan kolaborasi BKN dengan instansi dapat terjalin semakin apik, guna menuntaskan anomali data ini, sehingga terwujud percepatan digitalisasi Manajemen ASN dan layanan kepegawaian.

5

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi SINKA BKN, Suharmen. Dalam arahannya Suharmen menyampaikan bahwa kerja kolaboratif antara pengelola kepegawaian pada instansi pemerintah daerah dan vertikal dengan Kantor Regional BKN dapat memberikan hasil sebagaimana arahan Presiden RI, yaitu Reformasi Birokrasi yang memberikan dampak bagi seluruh ASN, khususnya layanan kepegawaian yang efektif dan efisien.

4

Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan penghargaan secara virtual kepada instansi di wilayah kerja Kantor Regional X BKN yang telah menyelesaikan 100 persen permasalahan data anomali, sebagai bentuk apresiasi atas kerja cerdas, kontribusi dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh instansi pengelola kepegawaian dalam mendukung percepatan penyelesaian permasalahan anomali data. Selain itu, diserahkan juga penghargaan secara virtual kepada Pegawai di lingkungan Kanreg X BKN dengan capaian aproval PDM tertinggi.