Perdana Gelar Uji Kompetensi Dengan CACT, Kanreg X BKN Siap Dukung Peningkatan Kompetensi dan Kinerja PNS di Wilayah Kerja


3

Sumbawa Barat, NTB – Badan Kepegawaian Negara melalui Pusat Penilaian Kompetensi (PUSPENKOM) ASN telah mengembangkan metode dan alat ukur yang memiliki karakteristik secara daring dan dapat diakses secara online. Melalui metode ini, pelaksanaan ujian dapat dikerjakan secara bersama-sama dan ke depannya akan terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN). Pengembangan alat ukur ini dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi dan potensi pegawai yang dapat disebut dengan Virtual Asessment dengan metode Computer Assisted Competency Test (CACT).

Puspenkom ASN BKN bekerjasama dengan Kanreg X BKN mengadakan Pemetaan/ Penilaian Potensi dan Kompetensi menggunakan CACT secara perdana di wilayah kerja Kanreg X BKN, yakni di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Kegiatan ini akan berlangsung mulai Senin (05/06) hingga Kamis (08/06) bertempat di Ruang CAT BKPSDM Kab. Sumbawa Barat, NTB. Sejumlah 500 PNS di lingkungan Kab.Sumbawa Barat pun tampak antusias mengikuti kegiatan Pemetaan/ Penilaian Potensi dan Kompetensi menggunakan CACT ini.

4

Kegiatan dibuka oleh Sekda.Kab.Sumbawa Barat Amar Nurmansyah didampingi Kepala Kanreg X BKN Yudhantoro Bayu Wiratmoko dan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumbawa Barat H. Abdul Malik Nurdin serta dihadiri Asesor Utama Puspenkom ASN BKN Usman Gumanti.

Dalam sambutannya, Sekda.Kab.Sumbawa Barat Amar Nurmansyah menyambut baik adanya kegiatan uji kompetensi dan potensi pegawai bagi PNS di Kabupaten Sumbawa Barat. Pihaknya juga mendukung peningkatan manajemen SDM guna mewujudkan ASN yang profesional dan mampu memberikan kinerja terbaik bagi kemajuan bangsa.

kunj.menpan 0406

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanreg X BKN Yudhantoro Bayu Wiratmoko pun mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat yang telah memberikan kesempatan kepada ASN di wilayahnya untuk mengikuti kegiatan ini sekaligus bersinergi mendukung terwujudnya manajamen ASN yang profesional dan berkualitas. Melalui kegiatan ini, Kepala Kanreg X BKN juga mengajak seluruh pengelola kepegawaian di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat pada khususnya dan wilayah kerja Kanreg X BKN pada umumnya, untuk membangun SDM yang unggul dengan mendorong ASN dalam mengembangkan karir secara sistematik dan terencana. Sehingga nantinya dapat berdampak pada peningkatan kompetensi dan kinerja PNS serta tercipta keselarasan antara kompetensi pegawai dengan kebutuhan instansi. (Ben)