Tingkatkan Kinerja, Bidang Informasi Kepegawaian Adakan Family Gathering

15-16 Juli - Monev INKA SMT I (1)_page-0008

Buleleng.Keluarga memegang peranan penting dalam kesuksesan pelaksanaan tugas-tugas kedinasan, karena dapat menjadi motivasi sekaligus tujuan kita bekerja.” Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Yudhantoro Bayu Wiratmoko saat memberikan arahan dalam pelaksanaan Evaluasi dan Dialog Kinerja yang dirangkai dengan Family Gathering Bidang Informasi Kepegawaian. Bertempat di Strawberry Camp Buyan Buleleng, kegiatan yang diikuti pegawai di lingkungan Bidang Informasi Kepegawaian mengangkat tema “Memantapkan Langkah untuk INKA yang semakin Berdaya dan Keluarga Bicara INKA Mendengar” dan digelar selama 2 hari yaitu 15-16 Juli 2023.

15-16 Juli - Monev INKA SMT I (1)_page-0002

Lebih lanjut Kakanreg X BKN juga mengungkapkan sebagai ASN yang bekerja untuk keluarga,  tujuan utama kita pun adalah untuk kebahagian keluarga. Jadi dengan gathering seperti ini, keluarga dapat mengetahui apa yang kita kerjakan di kantor. “Trust akan tercipta diantara pegawai dan keluarganya disaat mereka mengetahui apa yang dilakukan oleh pegawai di lingkungan kerja” ungkap Kakanreg X BKN. Apresiasi pun disampaikan dalam kegiatan ini, seraya berharap kegiatan serupa dapat dilakukan untuk seluruh pegawai di Kanreg X BKN dan menjadi agenda tahunan. Selain itu, Kakanreg X BKN juga meminta pegawai untuk memelihara sifat kritis disertai solusi yang relevan untuk peningkatan kinerja layanan kedepannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, I Ketut Buana, dalam paparannya menyampaikan bahwa capaian bidang INKA selama 1 Semester 2023  sebagian besar dapat melampaui target. “Capaian Bidang INKA tentu merupakan buah kolaborasi dari semua pegawai dan ada peran penting keluarga dibelakangnya,” ungkap Buana yang secara khusus mengapresiasi dukungan keluarga pegawai bagi kinerja positif Bidang INKA. Dalam kegiatan evaluasi setiap ketua pokja menyampaikan capaian, kendala, strategi, saran, kritik, dan langkah perbaikan kedepannya.  Dari paparan masing-masing ketua pokja, pegawai merasakan dampak positif implementasi pola kerja baru Bidang informasi Kepegawaiaan yang dikenal dengan sistem kerja orbit berbasis pokja. Pola kerja baru ini disamping memberikan kejelasan tugas, peran, kolaborasi, dan kinerja yang jauh lebih terukur sehingga berdampak pada percepatan berbagai target-target kinerja yang telah ditetapkan. Dalam rapat evaluasi kali ini, sejumlah rencana perbaikan juga digagas untuk meningkatkan pelayanan serta dukungan bagi pencapaian target-target kinerja Kantor Regional dan BKN pada umumnya.

15-16 Juli - Monev INKA SMT I (1)_page-0005

15-16 Juli - Monev INKA SMT I (1)_page-0006

Usai evaluasi kinerja , Family Gathering dilanjutkan dengan perkenalan dan penyampaian saran dan masukan dari setiap anggota keluarga pegawai sebagai dukungan peningkatan kinerja Bidang INKA. Secara umum keluarga pegawai terkesan dan mengapresiasi kegiatan semacam ini sebagai media menjalin silaturahim antar keluarga pegawai dan keterbukaan antar keluarga sehingga dapat mendukung kinerja suami/istri. Selain itu juga disampaikan apresiasi khususnya atas kebijakan pimpinan yang dapat membangun saluran komunikasi yang lebih baik sehingga kegiatan kedinasan dan keluarga dapat berjalan beriringan.

Pada kesempatan ini Buana juga menyampaikan terima kasih atas dukungan keluarga pegawai sehingga target kinerja dapat tercapai bahkan banyak yang melampaui target yang sudah ditetapkan. Kegiatan dirangkaian dengan games team building keluarga pegawai dan kunjungan ke Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul pada hari berikutnya (day).