MONEV NSPK Tahun 2022 : 39% Instansi di Wilker. Kanreg X BKN Mengalami Kenaikan Kategori Hasil Impelementasi NSPK Manajemen ASN

3

Denpasar. “Dua tahun terakhir, Badan Kepegawaian Negara melalui Kedeputian Bidang Pengawasan dan Pengendalian terus mengembangkan model pengawasan dan pengendalian berbasis digital berupa aplikasi Indeks Implementasi NSPK Manajemen ASN agar sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, yang terintegrasi dengan SIASN dan semakin user friendly.. Model pengawasan dan pengendalian berbasis digital yang juga kita lakukan yaitu penegakan disiplin PNS melalui Aplikasi Integrated Disiplin (Aplikasi I’DIS), yang saat ini sudah dikembangkan menjadi Aplikasi I’DIS 2.0. dan terintegrasi dengan SI-ASN BKN.” Hal tersebut disampaikan Plt.Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto dalam monev hasil indeks implementasi NSPK manajemen ASN Tahun 2022, Bimbingan Teknis Sistem I’DIS Dan Indeks Implementasi NSPK Manajemen ASN Tahun 2023, yang digelar secara luring dan daring pada Senin (25/09) di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN.

Aplikasi Indeks Implementasi NSPK (Norma, Standard, Prosedur dan Kriteria) Manajemen ASN ini akan dikembangkan lagi sehingga dapat “memotret” realitas ataupun Implemetasi NSPK Manajemen ASN pada instansi masing-masing di berbagai wilayah. Diharapkan dengan dibangunnya aplikasi I’DIS, Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang Berwenang Menghukum lebih mudah dalam menetapkan penjatuhan hukuman disiplin PNS sesuai dengan prosedur dan mengetahui data hukuman disiplin PNS secara realtime.

4

Disampaikan lebih lanjut oleh Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN Otok Kuswandaru, berdasar data hasil pengawasan dan pengendalian NSPK terhadap implementasi Manajemen ASN Tahun 2022 di wilayah kerja Kantor Regional X BKN Denpasar, disebutkan bahwa sejumlah 39 % Instansi mengalami kenaikan kategori hasil implementasi NSPK Manajemen ASN, 29 % Instansi dinyatakan stabil (tidak mengalami kenaikan maupun penurunan kategori); dan 32% Instansi mengalami penurunan.

Melalui hasil evaluasi tersebut, diharapkan kedepaannya pengelola ASN di masing-masing Instansi dapat melakukan langkah kolektif dalam meningkatkan implementasi Manajemen ASN yang sesuai dengan NSPK.

9

7

Dalam kegiatan ini dilakukan pula penandatangan Komitmen Bersama mewujudkan WBBM di lingkungan Kanreg X BKN yang diawali oleh Kepala Kanreg X BKN Yudhantoro Bayu Wiratmoko, penandatanganan Komitmen Bersama Perbaikan Implementasi NSPK Manajemen ASN Tahun 2023 untuk meningkatkan implementasi Manajemen ASN serta penyerahan BKN Award kepada 14 Instansi di wilker.Kanreg X BKN sebagai apresiasi atas komitmennya dalam mengimplementasikan Manajemen ASN sesuai dengan NSPK.

Di akhir kegiatan, dilakukan Bimbingan Teknis Indeks NSPK Manajemen ASN Tahun 2023 dan Bimbingan Teknis Sistem Integrated Disiplin (I’DIS) 2.0 sebagai bentuk pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2022 tentang Wasdal Impelementasi NSPK, sekaligus sebagai salah satu bentuk preventif pengawasan dan pengendalian serta langkah konkrit memastikan implementasi Manajemen ASN tetap berjalan sesuai dengan NSPK.

11

Tak hanya Plt. Kepala BKN dan Deputi Bid.Wasdal BKN, kegiatan juga dihadiri Bupati Kab.Klungkung I Nyoman Suwirta, Bupati Kab. Jembrana I Nengah Tamba, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, Wakil Bupati Kab.Sumbawa Dewi Noviany, Direktur Wasdal III BKN Rury Citra Diani, Kakanreg X BKN Yudhantoro Bayu Wiratmoko, Asisten Setda Provinsi, Kepala BKD/BKPP/BKPSDM dan pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kanreg X BKN. (irn)