Ukur Kompetensi Pegawai, Pemkab.Badung Gelar CACT

5

9

Denpasar. Untuk pertama kalinya di wilayah Bali, Computer Assisted Competency Test (CACT) digelar Kab.Badung guna mengukur pengembangan kompetensi dan potensi pegawai sekaligus sebagai pertimbangan kebijakan dalam pemetaan jabatan. Sehingga nantinya diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam karir PNS yang bersangkutan. CACT diikuti 1996 PNS di Lingkungan Pemkab.Badung.

Kegiatan yang berlangsung dari 12 hingga 21 Oktober ini dibuka oleh Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah dengan dihadiri Kapuspenkom ASN BKN Bajoe Loedi, Kabiro. Perencanaan dan Organisasi Myrna Amir, Kakanreg X BKN Yudhantoro Bayu Wiratmoko, Staf Ahli Bid.Kemasyarakatan dan SDM I Wayan Weda Dharmaja, serta Sekretaris BKPSDM Kab.Badung A.A.Ngurah Wirayasa.

6

Disampaikan SDM I Wayan Weda Dharmaja, uji kompetensi ini dilakukan guna meningkatkan kinerja pemerintahan, karena dengan penempatan pegawai pada tempat dan sesuai dengan keahliannya dapat berdampak bagi peningkatan kinerja PNS yang bersangkutan.

7

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Utama BKN. Penilaian kompetensi dengan menggunakan sistem CAT ini semakin memperjelas cerminan profil PNS yang bersangkutan, sehingga nantinya dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan posisi dan jabatan sesuai dengan kompetensi dan potensi masing-masing PNS.

Usai pembukaan, peserta memasuki ruang CAT dengan tertib dan mulai mengerjakan soal ujian CACT selama kurang lebih empat jam. Materi soal yang diujikan yaitu emerging skills, managerial dan social kultural, serta literasi digital. (Irn)

2 3