Pemkab.Jembrana Manfaatkan CACT BKN Sebagai Komitmen Dalam Pelaksanaan Manajemen Talenta

4  6 7

Denpasar. Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) ASN BKN dan Kantor Regional X BKN Selasa pagi (24/10) memfasilitasi pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana dengan metode Computer Assisted Competency Test (CACT). Kegiatan ini diikuti sekitar 400 peserta yang terbagi dalam 4 sesi dan akan dilaksanakan hingga Rabu (25/10).

Sebelumnya, kegiatan ini telah dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana I Made Budiasa, dalam pengarahan CACT Pemkab.Jembrana yang dilakukan secara daring pada Senin (23/10). Disampaikan lebih lanjut oleh Sekda. Kab.Jembrana bahwa penilaian potensi dan kompetensi PNS ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Jembrana dalam pelaksanaan manajemen talenta sebagai implementasi sistem merit.”Pertama kalinya bagi Jembrana mengikuti CACT ini dan sebagai tindak lanjut, hasil penilaian nanti dapat digunakan dalam mengevaluasi kompetensi dan potensi guna pengembangan karir pegawai dalam manajemen talenta,” ungkapnya.

3

Sementara itu, ditambahkan Asesor Ahli Utama BKN Supranawa Yusuf mewakili Kepala Puspenkom ASN BKN, Pemkab. Jembrana diharapkan mampu mendorong terwujudnya manajemen talenta yang kini tengah digaungkan melalui pengukuran kompetensi dan potensi pegawai. Tiga kompetensi yakni manajemen dan sosial kultural, literasi digital dan emerging skills mampu menghasilkan potret kompetensi sesungguhnya yang nantinya dapat dimanfaatkan masing-masing instansi.

2

“Dengan banyaknya instansi yang mengukur kompetensi dapat menjadi pembuktian bahwa CACT tidak semata2 terkait dengan IKN. Manfaat yang diperoleh melalui CACT diantaranya data potensi dan kompetensi pegawai, sekaligus sebagai masukan dalam hal rotasi, mutase, dan promosi ke jenjang jabatan yang lebih tinggi,” pungkasnya. (Irn)