Tingkatkan Kompetensi Kepemimpinan Transformatif, Kepala Kanreg X BKN Hadiri  Workshop on Capacity Building on Transformative  Leadership di Kamboja.

1  3

Kamboja. Kepala Kanreg X BKN Yudantoro Bayu Wiratmoko hadiri Workshop on Capacity Building on Transformative  Leadership For Senior Officials of AMS (ASEAN Member States) Countries and Timor Leste pada 06 hingga 08 November 2023 bertempat di Hotel Borei Angkor Hotel , Provinsi Siem Reap , Kamboja. Pada kesempatan ini, Kepala Kanreg X BKN yang hadir bersama Kepala Pusat Pengembangan ASN BKN Satya Pratama, menyampaikan paparan tentang “Transformative Leadership in the Civil Service of Indonesia.

2

Workshop yang dibuka Mr. Paul Pidou selaku Secretary of State Ministry of Civil Service, Cambodia ini, merupakan sarana berdiskusi sekaligus berbagi pengalaman antara negara-negara AMS dan Timor-Leste terkait Kepemimpinan Transformatif di ASEAN dan Timor-Leste. Pengembangan kepemimpinan, manajemen perubahan, serta stimulasi intelektual dan inovasi pelayanan publik  menjadi fokus utama dalam kegiatan ini. Disampaikan pula dalam menciptakan  administrasi publik yang efisien, kepemimpinan menjadi kunci utama. Namun, perubahan dan tantangan yang ada saat ini muncul, salah satunya adalah hadirnya revolusi industri 4.0 yang menuntut administrasi publik untuk tangkas dan adaptif sehingga keterampilan kepemimpinan transformatif sangatlah penting.

5

Kepemimpinan transformasional merupakan ssalah satu langkah strategis bagi pegawai negeri dan organisasi sektor publik dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Pengembangan kompetensi dalam kepemimpinan dapat dilakukan dengan  “Four I”, yaitu Idealized Influence, Inspirational Motivation, Intellectual Stimulation, And Individual Consideration, serta perubahan pola pikir secara komprehensif.  Dengan demikian, diharapkan pola kepemimpinan transformasional ini mampu memberikan dampak positif  terkait pengembangan kebijakan , reformasi administrasi publik, manajemen dan pengembangan SDM, sehingga berdampak langsung terhadap peningkatan pelayanan publik.

6