Pekan Digitalisasi Layanan Kepegawaian Fokus Pada Percepatan Digitalisasi Arsip Kepegawaian dan Integrasi Aplikasi Kepegawaian

Denpasar. Kepala Kanreg X BKN Yudhantoro Bayu Wiratmoko membuka Pekan Digitalisasi Layanan Kepegawaian Bidang Informasi Kepegawaian (INKA) Kanreg X BKN pada Senin (18/03) secara daring. Kegiatan bertema “Disparitas Tuntas, Data Berkualitas” ini diikuti BKPSDM/BKD/BKPP di wilayah kerja Kanreg X BKN.

Dalam laporannya, Kepala Bidang INKA Ketut Buana mengatakan kegiatan yang akan digelar hingga 21 Maret 2024 ini menjadi forum penyelesaian pengelolaan arsip digital,percepatan integrasi aplikasi pelayanan kepegawaian dan penyelesaian permasalahan disparitas data kepegawaian. Ketut Buana juga mengajak seluruh pengelola data kepegawaian berperan aktif dalam implementasi aplikasi kepegawaian di daerah masing-masing sehingga pelayanan publik khususnya kepegawaian, mampu memberikan dampak langsung kepada ASN atau stakeholder.

Sementara itu dalam arahannya, Kepala Kanreg X BKN menegaskan pekan digitalisasi ini sebagai dukungan terciptanya satu data ASN, yang digaungkan BKN, guna mewujudkan data yang berkualitas. Percepatan penyelesaian data anomali di wilayah kerja Kanreg X BKN menjadi pokok bahasan guna memastikan keakuratan data ASN. Tercatat masih 13.656 atau 22,68 persen data yang masih harus diselesaikan. Selain itu, integrasi aplikasi kepegawaian juga menjadi satu hal yang krusial guna memastikan alur kerja sudah berjalan dengan baik dan sebagai antisipasi duplikasi data.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari pokja PAK dengan topik takah digital dan pada sesi siang oleh pokja PIA terkait integrasi aplikasi diantaranya Integrasi data melalui web service, Simpegnas dan Ekinerja.