Pekan Aksi Mutasi dan Status Kepegawaian

Deputi Mutasi: Kolaborasi Menjadi Kunci Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Reformasi Birokrasi Berdampak

Denpasar. Awal April Kantor Regional X BKN Denpasar melalui Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian Kanreg X BKN kembali membuat terobosan kegiatan layanan. Kanreg X BKN untuk pertama kalinya menyelenggarakan PEKAN AKSI MUTASI yang merupakan akronim dari Pekan Asistensi dan Kolaborasi Layanan Mutasi dan Status Kepegawaian digelar tanggal 1 – 3 April 2024. Dengan mengusung tagline Mutasi berAKSI, Melayani Sepenuh Hati ini dibuka oleh Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN, Aris Windiyanto.


Deputi Mutasi Kepegawaian BKN menyoroti pentingnya kolaborasi layanan kepegawaian, menurut Deputi Mutasi secepat apapun layanan BKN tanpa diikuti dengan kolaborasi instansi untuk menindaklanjuti produk BKN melalui penerbitan SK dan pemenuhan manfaat bagi pegawai selaku penerima manfaat belum bisa dikatakan berdampak. “SLA bisa terpenuhi jika ada komitmen dan kolaborasi BKN dan instansi, Pertek sebagai output layanan BKN belum bisa dikatakan berdampak jika tidak ditindaklanjuti dengan kecepatan penerbitan SK oleh instansi. Layanan berdampak jika SK sudah diserahkan kepada PNS dan sudah diajukan perubahan dan manfaat ekonomi dan manfaat pengembangan karir, untuk itu kolaborasi BKN dan Instansi menjadi kunci” tegas Deputi Mutasi Kepegawaian. Pada kesempatan ini Deputi Mutasi juga menyampaikan berbagai transformasi layanan yang sudah berlangsung pada lingkungan kedeputian.

Hari pertama Pekan Aksi Mutasi menghadirkan Deputi dan sejumlah Direktur sebagai narasumber diantaranya Direktur Pengadaan dan Kepangkatan Sri Widayanti, Direktur Status dan Kedudukan Kepegawaian Ojak Murdani, serta narasumber dari Direktorat Jabatan Aparatur Sipil Negara BKN Dadi Mulyadi. Kakanreg X BKN, Yudhantoro Bayu Wiratmoko dalam laporannya menyampaikan tentang urgensi penyamaan persepsi dan asistensi implementasinya menjadi latar belakang terobosan Pekan Aksi Mutasi yang kali pertama digelar ini. Selain itu, dalam kegiatan ini juga diisi dengan overview layanan mutasi dan stapeg oleh Plt Kepala Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian, Ketut Buana dan overview per jenis layanan oleh tim asistensi Kanreg X BKN Denpasar sekaligus dirangkaikan dengan penandatanganaan komitmen kolaborasi dukungan peningkatan kualitas pelayanan.

Pada hari kedua dan ketiga akan dilanjutkan dengan asistensi oleh masing-masing PIC Kanreg dengan PIC yang dijadwalkan dalam empat sesi asistensi. Kegiatan juga diisi dengan pemaparan layanan di Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian Kanreg X BKN oleh PIC layanan mutasi dan status kepegawaian. Kegiatan diakhiri dengan kesepakatan penjadwalan penyampaian usul untuk mencegah penumpukan usul pada akhir periode pengusulan. Berbagai langkah perbaikan berkelanjutan akan dijadikan sebagai rencana aksi peningkatan kualitas pelayanan diantaranya pembuatan DIM, Telaah permasalahan layanan Bidang mutasi dan status Kepegawaian, optimalisasi asistensi oleh PIC layanan di kanreg X BKN dan penjadwalan penyampaian usul untuk menghindari penumpukan beban pada akhir periode usul.