Masih Jauh Dari Ideal, Kanreg X BKN Akan Dongkrak Nilai IP ASN Dengan Pengembangan Kompetensi

Denpasar. Memasuki akhir semester 1 tahun 2024 ini, bidang pengembangan dan supervisi kepegawaian telah melakukan pengukuran Indeks Profesionalitas ASN untuk 44 instansi di wilayah kerja Kantor Regional X BKN. Terdapat empat dimensi yang menjadi indikator pengukuran IP ASN yakni dimensi kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin. Dimana nilai akhir capaian IP ASN dari setiap instansi merupakan rata-rata dari keempat nilai dimensi tersebut.


Dari hasil pengukuran didapatkan capaian IP ASN yang masih jauh dari predikat ideal adalah pada dimensi kompertensi, dimana nilai idealnya adalah 40, sedang hasil pengukuran masih di angka 13,3, hal ini menunjukkan bahwa diperlukan upaya pengembangan kompetensi ASN di instansi. Sedang dimensi disiplin sudah ideal dengan nilai optimal 5.


Pengukuran Dimensi Kualifikasi bernilai 19.96 dari nilai ideal sebesar 25, hal ini akan terus ditingkatkan dengan upaya peningkatan pendidikan, dan diklat bagi ASN. Sedangkan pengukuran pada dimensi Kinerja mencapai nilai 20.67 dari nilai ideal sebesar 30. Implementasi aplikasi e-kinerja secara masif di instansi daerah serta pendampingan serta sosialisai yang dilakukan tim kinerja Kanreg X akan terus dilakukan sebagai upaya mendongkrak nilai dimensi Kinerja.


Selamat untuk kabupaten Alor dengan capaian pengukuran IP ASN dengan nilai rata rata tertinggi dengan predikat kategori Tinggi dengan nilai 84.23. Semoga capaian tersebut dapat memacu instansi lain untuk meningkatkan nilai IP ASN