Kemenangan Gemilang! Kanreg X BKN kembali Sabet Predikat Pelayanan Prima Tahun 2024

Jakarta. Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara kembali berhasil meraih penghargaan sebagai 10 terbaik kelompok lembaga pada Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024 dengan predikat “Pelayanan Prima“ yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Sebelumnya, Kanreg X BKN berhasil meraih predikat “Prima: dengan capaian indeks 4.51 (A) pada Tahun 2022.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas dalam gebyar pelayanan prima pada Selasa (8/10) di Jakarta, dengan mengambil tema “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif dan Inklusif.”

PEKPPP merupakan upaya pengukuran sistematis pada suatu unit kerja dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh nilai indeks pelayanan publik. Indikator evaluasi pelayanan publik ini adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, sistem informasi, konsultasi pengaduan, serta inovasi dari unit penyelenggara pelayanan. Nilai indeks pelayanan publik yang nantinya diterima oleh unit, dilihat pula dari penilaian atau persepsi masyarakat, komitmen tata kelola, dan penilaian ahli sesuai bukti dukung serta kesesuaian jawaban. Tujuan akhir dari penilaian ini adalah pelayanan publik berkualitas dan berdampak nyata bagi masyarakat sebagai pengguna layanan.

Penilaian di lokus Kanreg X BKN telah dilakukan pada awal Agustus 2024 oleh tim evaluator PEKPPP KemenpanRB. Penilaian tak hanya dilakukan dengan pemaparan evidence tiap aspek dan tanya jawab, tetapi juga room tour di lingkungan Kanreg X BKN terkait kelengkapan sarana dan prasarana guna peningkatan pelayanan publik seperti ruang PPT, ruang tunggu, kelengkapan pelayanan bagi penyandang disabilitas, ruangan sekitar CAT serta co working space.

Kanreg X BKN Rebound!! Tetaplah memberikan pelayanan berdampak bagi masyarakat. (Irn)